Selasa, 03 Juli 2012

KRITERIA UMUM EVALUASI LAPORAN PENELITIAN


Dikutip dari:
Gay, L.R. (1992). Educational Research: Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

A.      Masalah Penelitian
1.      Apakah rumusan masalah dan cukup jelas?
2.      Apakah masalahnya dapat diteliti?
3.      Adakah informasi latar belakang dari masalah yang diajukan?
4.      Adakah uraian tentang rasional pentingnya masalah itu diteliti?
5.      Apakah dalam rumusan masalah secara jelas mengindikasikan variabelnya?
B.       Kajian Teori dan Hipotesis Penelitian
Telaah litaratur:
1.      Apakah telaah literaturnya komprehansif?
2.      Apakah semua rujukan yang dikutip relevan dengan masalah?
3.      Apakah sebagian besar rujukannya primer, atau sekunder?
4.      Apakah rujukan dikupas secara kritis, dan hasil studi yang relevan dibandingkan dan diadu?
5.    Apakah uraian telaah literatur terorganisasikan dengan baik, dan alur logikanya mengalir, misalnya dimulai dari hal yang kurang relevansinya dengan masalah diuraikan lebih dulu, dan diakhiri dengan yang hal kuat relevansinya?
6.      Adakah ringkasan atau sintesis dari telaah literatur?
Hipotesis penelitian:
1.      Apakah pertanyaan spesifik yang harus dijawab, atau hipotasis spesifik yang harus dites?
2.      Apakahsetiap rumusan hipotesis menyatakan hubungan atau perbedaan yang diharapkan?
3.      Apabila perlu, apakah semua variabel didefinisikan secara operasional?
4.      Apakah setiap hipotesis dapat dites?
C.      Metodologi Penelitian
Subjek penelitian:
1.      Apakah basar dan karekteristik populasi dideskripsikan?
2.      Apakah sampel dan langkah pemilihan sampel dideskripsikan dengan jelas?
3.      Apakah pemilihan sampel representatif dan tidak bias?
4.      Apakah besar dan karakteristik sampel dideskripsikan?
5.      Apakah besar sampel cukup memedai, sesuai dengan petunjuk tentan kecukupan sampel?
Instrumen:
1.      Adakah rasional tentang pemilihan instrumen dan skala yang digunakan?
2.      Apakah tujuan dan isi semua instrumen yang digunakan dideskripsikan?
3.      Apakah instrumen yang digunakan cukup sesuai dengan variabel yang ingin diukur?
4.      Apakah tentang validitas instrumen dibahas dan memenuhi persyaratan validitas?
5.      Apakah tentang reabilitas instrumen dibahas dan memenuhi persyaratan reabilitas?
6.      Apabila perlu, apakah reabilitas subtes disajikan?
7.  Apabila instrumen dikembangkan sendiri oleh penelitia untuk kepentingan studinya, apakah prosedur pengembangan dan validitas instrumen dideskripsikan?
Desain dan prosedur:
1.      Apakah desain penelitian sesuai dengan tujuan penelitian?
2.    Apakah langkah-langkah atau prosedur penelitian dideskripsikan dengan rinci, sehingga dapat dilakukan replikasi oleh peneliti lain?
3.      Apabila telah dilakukan plot studi, apakah pelaksanaan dan hasilnya, termasuk dampakya untuk studi berikutnya, dideskripsikan?
4.      Apakah langkah-langkah mengontrol pengaruh variabel lain dideskripsikan?
5.    Apakah dibahas juga tentang kemungkinan pengaruh variabel lain, yang tidak dapat dikontrol oleh peneliti?
D.      Temuan dan Pembahasan
Temuan:
1.      Apakah teknik statistik yang digunakan sesuai?
2.   Adakah disajikan leval probabilitas, α, pada level signifikansi mana hipotesis diterima atau ditolak?
3.      Apabila digunakan statistik parametrik, apakah asumsi-asumsinya terpenuhi?
4.      Apakha setiap hipotesis dites?
5.      Apakah hasil studi (temuan) disajikan dengan jelas?
6.      Apakah tabel dan gambar terorganisasi dengan baik dan mudah dipahami?
7.      Apakah data dalam setiap tabel dideskripsikan dalam teks?
Pembahasan:
1.      Apakah setiap temuan dibahas sesuai dengan hipotesis yang dites?
2.      Apakah setiap temuan dibahas dan dibandingkan dengan berbagai hasil penelitian lain?
3.      Apakah generalisasi yang dibuat, konsisten dengan temuan?
4.      Apakah dibahas kemungkinan pengaruh dari variabel lain yang tidak dapat dikontrol?
5.      Apakah dibahas implikasi teoritis dan praktis dari temuan?
6.      Adakah rumusan implikasi teoritis dan prasktis dari temuan?
7.      Adakah rumusan rekomendasi utnuk tindakan masa yang akan datang?
8.  Apakahhh rekomendasi yang diajukan sidasarkan pada kepentingan praktis, atau hanya didasarkan pada hasi statistik?
9.      Adakah rumusan rekomendasi untuk penelitian lanjutan?
E.       Abstak
1.      Apakah ada pertanyaan masalah?
2.      Apakah jumlah dan jenis instrumen di deskripsikan?
3.      Apakah desain yang digunakan dijelaskan?
4.      Apakah prosedur penelitian dideskripsikan?
5.      Adakah rumusan temuan dan kesimpulan utama?

Sumber: dari bahan bacaan dosen Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan IPS  Bapak Dr. Teuku Ramli Zakaria, MA.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar